Selasa, 03 November 2009

MEMBERI DIRI, DIPIMPIN ROH KUDUS


.
MEMBERI DIRI DIPIMPIN
oleh ROH KUDUS
Bacaan: GALATIA 5: 18 – 26

K
EKRISTENAN berkembang pesat di berbagai tempat, bahkan banyak orang yang non Yahudi kemudian bertobat dan menjadi pengikut Kristus. Begitu juga dengan masyarakat di sebuah provinsi Roma, di Asia Kecil yaitu di daerah GALATIA. Orang-orang Kristen Galatia mengalami kebingungan karena ada orang-orang Yahudi yang mengajarkan bahwa untuk bisa diselamatkan maka seseorang selain percaya Yesus ia harus mengikuti agama Yahudi dan mentaati Torat Musa. Tentu saja ini ajaran yang salah. Agama apapun (termasuk Yahudi) tidak bisa menyelamatkan. Bahkan amal kebaikan dengan melaksanakan syariat Torat pun tak bisa menyelamatkan, mengingat bahwa amal baik kita pasti tak kan bsa sempurna. Surat Paulus Kepada Jemaat-jemaat di Galatia ini ditulis untuk menolong orang-orang yang telah disesatkan oleh ajaran-ajaran salah itu, supaya mereka kembali taat kepada ajaran yang benar. Paulus membentangkan pendiriannya bahwa hubungan manusia dengan Allah menjadi baik kembali hanya melalui percaya kepada Yesus.

CARANYA adalah : (1).Percaya kepada Yesus sebagai Juru selamat dan kemudian (2).memberi diri kita dipimpin oleh Roh Kudus. (Gal. 5:18) Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. Atau Menawa kowé dituntun déning Sang Roh Suci, kowé ora kawengku déning Angger-anggering Torèt. Itu berarti bahwa mau selamat tidak perlu lagi kembali ke agama Yahudi dengan segala syariat-nya.


Empat Belas tanda pada orang yang pasti akan masuk Neraka:

Inilah TANDA – TANDA yang bisa dilihat bagi orang yang tidak mau percaya kepada Yesus sebagai Juru Selamatnya (atau percaya namun tidak sungguh-sungguh) dan tidak mau membuka diri untuk dipimpin Roh Kudus adalah sbb:
1. Melakukan percabulan/perjinahan, perseling-kuhan (laku jina).
2. Melakukan kecemaran (kotor) baik dengan kata-kata maupun tindakan, terhadap keluarga dan orang lain.
3. Mengumbar Hawa Nafsu (murang tata) – sehingga menjadi Koruptor, Lintah Darat, dll
4. Menyembah Berhala / illah (nyembah brahala lan nduweni Gusti allah liyane)
5. Mempercayai dan melakukan sihir (ngelmu sihir)
6. Memiliki Perilaku yang tidak rukun dalam hidupnya (memungsuhan) – bermusuhan dengan tetangga atau pun malah dengan keluarga sendiri karena sesuatu hal (Mis. Rebutan Warisan)
7. Hidup dalam Perselisihan (seneng padu) – berwatak pendendam tidak suka mengampuni.
8. Hidup dalam Iri Hati (mèri, drengki, srei) – tidak senang melihat keberhasilan orang lain.
9. Wataknya Gampang marah, gampang tersinggung (brangasan) – pemarah menggunakan kata-kata kasar.
10. Mengutamakan Kepentingan diri sendiri dan sombong (gumunggung) – egoistis, merasa diri paling benar, merasa paling bak sehingga tak mau menghargai orang lain.
11. Dikuasai oleh roh pemecah (seneng gawe crah, tumbak cucukan) – suka menjelek-jelekkan orang lain / mengadu domba, memfitnah.
12. Dikuasai oleh roh kedengkian (padha sengit-sengitan) – hati dikuasai oleh kebencian dalam segala hal.
13. Dikuasai oleh roh kemabukan (endem-endeman)
14. Dikuasai oleh roh pesta pora (jibar-jibur) – berlaku boros, suka makan enak tanpa kerja keras.

JIKA tanda-tanda di atas ditemukan dalam kehidupan seseorang, dan Sekalipun kelihatannya orang tsb mengaku Kristen (bahkan mungkin menjadi aktivis Gereja, majelis Gereja ataupun pernah menjadi majelis, dll) maka pasti orang-orang yang demikian tetap tidak akan diselamatkan. Kecuali kalau ia mau sungguh-sungguh bertobat. Lihat, renungkan, dan cermati : Gal. 5:21 bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Atau Wong-wong sing uripé kaya mengkono ora bakal ditampa ana ing Kratoné Allah.


Sembilan tanda pada orang yang pasti diselamatkan

Sedangkan tanda-tanda yang terdapat pada setiap orang beriman (yang imannya sungguh-sungguh nyata à baca Yak.1:22; Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. Yak.2:14-17 Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata: "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!", tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?. Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.).
Adapun 0rang-orang yang pasti diselamatkan dan memberi diri untuk dipimpin oleh Roh Kudus, maka tanda-tandanya adalah sbb:
1. Memiliki Cinta kasih sejati (katresnan kang sejati – bukan “katresnan” dalam perjinahan)
2. Memiliki Sukacita (kabungahan)
3. Dikuasai oleh Damai Sejahtera /syaloom (katentreman)
4. Memiliki Kesabaran (sabar)
5. Memiliki Kemurahan (sareh)
6. Memiliki Kebaikan yang sesungguhnya (sumlondhoh)
7. Memiliki Kesetiaan (setya) – baik terhadap pasangannya atau pun terhadap tugas dan tanggungjawabnya.
8. Memiliki Kelemahlembutan (andhap asor)
9. Memiliki kemampuan untuk Penguasaan diri (ngwasani awake dhewe)

Orang-orang yang terbukti memiliki tanda-tanda tsb di atas, yaitu yang “memiliki BUAH_BUAH ROH” pada hakikatnya adalah yang menjadi MILIK KRISTUS (Gal.5:24).
Merekalah yang menjadi golongan orang-orang yang diselamatkan. Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu -- kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya. (I Korintus 15:2)
---(LES)---
SARASEHAN:

1. Camkanlah, dari 14 tanda bagi orang yang – pasti akan masuk ke neraka (ayat 18 – 21) tersebut, lalu DOSA APA SAJA yang paling sering kita lihat dalam kehidupan warga gereja (termasuk kehidupan kita sendiri selama ini)? Jelaskan!.

2. Rasul Paulus dipakai oleh TUHAN (YHWH) untuk memberikan penegasan penting bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, seperti tertulis dalam Galatia 5: 19 – 21) ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Atau Wong-wong sing uripé kaya mengkono ora bakal ditampa ana ing Kratoné Allah. (Galatia 5:21).
Bagaimana tanggapan anda tentang hal tsb.?
Upaya apa saja yang perlu kita lakukan agar orang-orang Kristen bisa tetap setia dan diselamatkan serta bisa lepas dari 14 tanda bagi orang yang akan dihukum di neraka? Jelaskan.

3. Hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan agar kita dapat memiliki BUAH-BUAH ROH seperti tertulis dalam Gal. 5:22-23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar