Rabu, 04 November 2009

QUO VADIS NATAL 2009 ?


NATAL AKTUAL - KONTEKSTUAL ?

Syaloom.
Semakin mendalami tema nasional PGI - KWI ("TUHAN itu Baik Kepada Semua Orang" - Mazm.145:9) dan tema MPAN Sinode GKJ / GKI Wil Jateng; "Memberitakan Khabar Baik Bagi Bangsa"; maka Panitia Natal di gereja kami malah semakin "pusing". Mereka kini sedang bekerja ekstra keras untuk menemukan BAGAIMANA CARA MERAYAKAN NATAL YANG AKTUAL - KONTEKSTUAL ?.

Persoalan menjadi tambah rumit ketika warga jemaat semakin banyak yang mengetahui bahwa NATAL itu secara historis sama sekali bukan untuk memperingati Kelahiran Yesus! Karena sudah pasti Yesus tidak lahir di tgl. 25 Desember.
Rupanya, warga jemaat kami semakin mengerti bahwa NATAL adalah sekedar tradisi untuk menghayati kedatangan Tuhan Yesus Kristus.

Natal yang aktual dan kontekstual itu pasti kan BUKAN SEKEDAR mengganti Pohon Natal, Pohon Cemara dengan Pohon Bambu, Pisang ataupun Pohon Kelapa. Bukan itu!.
Natal yang aktual dan kontekstual itu Pasti bukan sekedar menyanyi dengan Iringan Gamelan, Keroncong, Band atau pun Campur sari! Bukan itu.
Juga bukan sekedar memasang aneka warna /simbol dan pernak-pernik nya.... yang (maaf) malah bikin bingung karena warga tak tahu makna simbol-simbol kuno itu!
Waduuuh....
LALU BAGAIMANA CARA MERAYAKAN NATAL YANG AKTUAL - KONTEKSTUAL itu ?. Inilah pergumulan kami, segenap warga gereja GKJ Purworejo.

ADAKAH YANG BERKENAN MEMBANTU - MEMBERI PENCERAHAN KEPADA KAMI ?....

salam Kasih:
LES - GKJ Purworejo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar