Rabu, 08 Februari 2023

OBROLAN SANTAI GKJ Bener Menyongsong Era Baru

1.      Saya sengaja siapkan materi  PA  dalam bentuk sarasehan pada siang ini  dengan sukacita, walaupun kayaknya diriku  hampir sama dengan makan “gadho-gadho” Jujur… ada aneka rasa:  pedas, asin,  kecut, hambar …tapi juga  berbagai rasa lainnya.

2.      Tema “Obrolan Santai  GKJ BENER  MENYONGSONG  MASA DEPAN  BARU”  adalah tema yang actual dan kontekstual  pasca terbitnya  Surat dari GKJ Klasis Purworejo No. 01/PSK.P/02/2023 tentang Pemberhentian Dengan Hormat dari Tugas Klasis (khususnya Konsulen GKJ Bener)    Dan No.02/PSK.P/02/2023 tentang Pengangkatan  untuk melaksanakan tugas tugas Klasis.   Dua SK ini urasakan sebagai penghormatan besar dan anugeraah  bagi  diriku jelang Emeritus.  Olehkarena sejak 3 Februari 2023. Diriku “dilepaskan dari segala tugas di klasis Purworejo”   dan  juga  tak boleh lagi berpelayanan  sebagai Konsulen du  GKJ Bener.

3.      Ingat: Putusan Sidang Klasis tsb., telah disahkan dan disetujui  oleh persidangan termasuk oleh 3 Orang utusan dari GKJ Bener.   Bahwa ada yang puas  atau tidak puas  terhadap keputusan tsb., itu wajar adanya. Tak perlu dicari Siapa yang salah…. Siapa yang bertanggung jawab… Siapa  yang menjadi pihak  yang ambisius  dll. Tidak perlu dibahas…

4.      Ada baiknya kita belajar dari kesaksian Kitab Roma 8:28  bahwa  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah” 

Dengan kata lain, putusan  tsb.  Entah dirasa “pahit”  ataupun “manis” – tergantung perspektifnya…. Tetap musti dipahami   tak lepas dari  “Cara Tuhan” untuk mendatangkan “kebaikan” bagi kita – khususnya  bagi  GKJ Bener


5. Dari dulu selalu (bahkan sering) ku katakan – bahwa GKJ Bener  Sejatinya, memang sedikit/kecil kuantitasnya; tapi memiliki semangat yang besar – yang tak boleh diremehkan.  GKJ Bener pasti dengan banyak cara yang tak terduga  …diberkati Tuhan.  Kita menyaksikan, Serivikat GKJ Bener , GKJ Pep Kamijoro – nyaris selesai dengan beaya yang dicukupkan Tuhan.  Begitu juga Anggaran Belanja GKJ Bener – meski nggak berlimpah …namun Cukup dan tidak deficit. Begitu juga Rehab Gedung Gereja,  dan Pembangunan Ruang Serbaguna di belakang GKJ Bener.   Nah….  Nyatanya…Tuhan juga kirimkan orang orang baru – sebagai komunitas iman di GKJ Bener


6. Persoalannya sekarang, Ini PR Bagaimana kita GKJ Bener bisa (a).tetap bersemangat  dan (b).malah makin bersemangat  pada periode   2023 – 2025  dst.  Juga bisa (c).Move On.   Bersama Konsulen baru yang jaug lebih muda – penuh semangat – dan tentu “lebih cantik….  Palu sudah diketok. Harus kita hargai dan sikapi dengan bijak.   Meskipun Konsulen yg lama penuh cinta –  penuh dedikasi dengan  aneka rancangannya ….. toh Nyatanya …Tuhan berkehendak lain.


7.  Kehadiran Konsulen Baru dalam diri Pdt. Lintang Anggraeni,MSi.   Mari kita terima dengan penuh semangat. Sementara…. Pengalam dikonsuleni pada periode sebelumnya , perlu diambil hal-hal yang positif. Hal Yang tidak baik tinggalkanlah.   Kita yakin, kehadiran Pdt Konsulen yang baru  akan membawa perubahan yang baik…bahkan makin baik lagi.


8, Ada banyak PR yang perlu ditata-ulang oleh Majelis GKJ Bener., seperti:

                                i.            Regenerasi Kemajelisan,

                             ii.            Kemandirian Pelayaan termasuk Khotbah,

                           iii.            Kemandirian Sosial Ekonomi warga gereja  yang belum tertangani

                           iv.            Tata administrasi yang sangat lemah

                              v.            Penatalayanan Keuangan: penyusunan Anggaran Tahunan, laporan Tri wulan  dll.  Masih jauh dari memuaskan.

                           vi.            Relasi Gereja dan masyarakat perlu dipertahankan; dan bila mungkin ditingkatkan  lagi.

                         vii.            Relasi Gereja dengan pemerintah  juga  perlu dipertahankan; dan bila mungkin ditingkatkan  lagi., dst.


     9. Tak  ada manusia yang sempurna, demikian juga dengan kita, khusus diriku sebagai Konsulen GKJ Bener yang telah melayani sebelum berpendeta sendiri…sampai Pdt Budi Emeritus, dan sampai 3 Januari 2023.  Tentu  sangat banyak keterbatasan dan penuh kekurangan  yang telah ku lakukan.  Maafkanlah Aku.

10. Terimalah Pendeta Konsulen Yg baru (Pdt. Lintang Anggraeni, MSi) dengan penuh cinta kasih  – lakukan Kerjasama pelayanan yang lebih baik lagi  katimbang sebelumnya……. (Khotbah di bener, di kamijoro dan juga Gabungan, PA Rutin, Perjamuan setiap Bulan, Kunjungan ke warga yang sakit, Acara-acara Gathering tahunan) Tetap lah Lakukan dan Tingkatkan. Pesanku :

Ingat  1 Korintus 15:58   Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

 Padepokan Diakonia MITRA KINASIH  GKJ Purworejo 9 Febr 2023)

Salam Kasih   


LES 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar